Pendamping Desa Ingatkan Petahana : Jangan Politisasi BLT di Pilkades !

Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Sosial (Bansos) lainnya, sesekali tercium gelagat politisasi dari sejumlah oknum kades petahana untuk mendulang simpati di Pilkades 2021.Terang saja, bantuan yang akan tetap berjalan dengan dan tanpa ada Pilkades itu, di kesankan seolah-olah "Klaim" jasa sang oknum Kades Petahana. Selain harus di fahami masyarakat, klaim bansos Covid-19 tersebut, berpeluang jadi gesekan dengan sejumlah balon kades lainnya. 


Mengingatkan itu, Pendamping Desa Cilamaya Kulon, Mahrus Aly mengatakan, masyarakat harus cerdas dan tersampaikan pemahamannya, bahwa BLT dan jenis bansos lainnya, tidak ada kaitan apapun dengan kepentingan bakal calon Kades incumben, karena anggaran yang digelontorkan adalah murni dari pusat dan daerah. Adapun pemerintah desa, sebatas menjembatani calon-calon penerimanya. Jadi, sebut Mahrus, baik BLT mauoun bansos jenis lainnya, bukanlah "duit" kades dan atau calon kades, melainkan duit negara. Sehingga, katanya mengingatkan, kalau ada oknum mengklaim bahwa BLT dan Bansos adalah darinya atau jasanya, ia minta jangan mudah terpengaruh, apalagi di musim Pilkades yang memang rawan di politisasi oknum. "Gelagat klaim itu sudah tercium, utamanya ya memang dari oknum balon kades petahana. Ya bagi kita, masyarakat harus cerdas soal BLT ini adalah duit negara untuk KPM, bukan duit perorangan, " Katanya, Selasa (29/12).

Lebih jauh ia menambahkan, para Kades 
yang mencalonkan lagi, diharapkan untuk menebar visi misi dan hasil pemerintahan yang lazim saja, ketimbang banyak klaim soal bansos dan BLT. Ia khawatir, justru dengan klaim "Jasa" ini, memunculkan kecemburuan antar balon kades di tengah Pilkades. "Jangan klaim program-program saat Pilkades seperti sekarang, saya ingatkan ini rawan kecemburuan. Lagi pula, BLT itu adalah program pusat di Kemendes dan Kemensos dengan Bansosnya, bukan program Kades dan atau pemerintahan desa. Jadi, stop klaim untuk meminimalisir gesekan saat Pilkades seperti sekarang ini, " Ungkapnya. (Rd)
Posting Komentar