Pilkades 21 Maret, Pekan Depan BPD Mulai Bentuk Panitia Sebelas

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 177 desa, ditetapkan pada 21 Maret 2021, atau H-2 sebelum berakhirnya masa jabatan Kades. Pekan depan, sebelum menggawangi pendaftaran bakal calon kades pada 15 - 23 Desember, BPD bertanggungjawab membentuk panitia Pilkades yang akrab di sebut Panitia sebelas yang terdiri dari perwakilan perangkat desa, LPM hingga tokoh masyarakatnya secara proporsional sebagaimana regulasi yang diatur dalam peraturan Bupati (Perbup).
Pilkades


Kabid Pemdes melalui Kasie Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Andry Irawan mengungkapkan, pekan depan BPD mulai boleh merancang agenda pembentukan panitia sebelas untuk helaran hajat desa selama sekitar 4 bulanan tersebut. Disinggung batasan waktu BPD membentuk panitia sebelas, Andry menyebut sampai beberapa hari kedepan dengan porsi personil panitia sama seperti Perbup sebelumnya, yaitu terdiri dari unsur perangkat desa, LPM hingga unsur tokoh masyarakat desa. Adapun sosialisasi teknis, sebut Andry, nanti dilakukan pihaknya dengan sasaran panitia Pilkades yang sudah di bentuk dan di kukuhkan. "Minggu ini sudah boleh merancang panitia sebelas, nanti setelah di bentuk, kita akan sasar panitia ikuti sosialisasi teknis, sementara untuk sosialisasi untuk BPD nanti ada petunjuk melalui kecamatan insya Allah di akhir minggu ini, " katanya. 

Sebelumnya, Ketua Forum Asosiasi BPD Nasional (ABpednas) Karawang H Tamjid AB, saat gelaran rapat bulanan di
Desa Cariumulya Kecamatan Telagasari, 
mengingatkan, agar semua anggota BPD yang desanya akan menggelar Pilkades, untuk proporsional dalam menunjuk dan merekomendasikan calon-calon panitia sebelas. Sebab, netralitas panitia Pilkades sangat penting, karena gesekan di Pilkades, lebih berpeluang lebih besar ketimbang pemilihan lainnya. BPD, sebut Tamjid, bertanggungjawab atas kualitas para panitia Pilkades, sehingga ketika ada panitia yang kelak tidak profesional, memihak dan melanggar teknis dalam Perbup, maka BPD harus segera menyikapinya, bila perlu ganti pada yang lebih profesional. "Saya minta nanti, BPD selektif membentuk kepanitiaan di Pilkades, cari yang bener kinerjanya, profesional dan bisa menjunjung tinggi netralitas selama bekerja, " Ujarnya. 

Berikut Tahapan Pilkades Serentak 177 Desa : 

* 15 - 23 Desember : Pendaftaran Calon
* 10 Januari - 2 Februari : Penelitian dan Pelayanan persyaratan calon
* 3 Februari : Pencatatan Daftar Pemilih Tambahan 
* 20 - 28 Februari : Penetapan DPT 
* 15 - 17 Maret : Kampanye 
* 21 Maret : Pemungutan suara
Posting Komentar