Menpan RB Kembali Usulkan Pembubaran Lembaga Tahun Depan

Menjelang akhir 2020, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa sebanyak 10 lembaga non struktural (LNS) akan dibubarkan. Namun, menurutnya, pembubaran lembaga akan kembali dilakukan pada tahun depan.

Tjahjo Kumolo

"Tahun depan tim dari PANRB masih mengusulkan lagi (pembubaran)," katanya.

Dari data yang dibagikannya Tjahjo menyebut pada 2014 terdapat 120 LNS. Di mana 27 di antaranya dibubarkan dari 2014 hingga 2020. Sisanya masih ada 93 LNS. "Tahun 2014 ada 10 LNS (dibubarkan), 2015 ada 2 LNS, 2016 ada 9 LNS, tahun 2017 ada 2 LNS, dan 2020 sudah ada 4 LNS," ungkapnya. (: Airlangga Sebut Tak Ada Lagi Pembubaran Lembaga, Tjahjo: Tetap Jalan)

Tjahjo menyebutkan ada beberapa pertimbangan pembubaran LNS. Di antaranya adanya keterikatan tugas dan fungsi dengan kementerian/lembaga lain. Kemudian mengurangi pemborosan kewenangan dan efisiensi APBN.

"Penyederhanaan birokrasi untuk mempercepat proses pengambilan keputusan. (Ini merupakan) hasil analisis yang dilakukan melalui desk evaluation terhadap LNS)," katanya.

Sementara itu, terkait 10 lembaga yang akan dibubarkan masih menunggu penerbitan peraturan presiden. Dia masih belum mau menyebutkan lembaga-lembaga mana saja yang akan dibubarkan."Rancangan perpres sudah selesai. Sekarang di Setneg," katanya. (: Pembubaran Lembaga, Anggota DPR Duga Karena Inefisiensi Anggaran Negara).***

Posting Komentar