no fucking license
Bookmark

Ma'ruf Amin Panggil Tito dan Menag, Ini 2 Hal Penting yang Dibahas

Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan pertemuan dengan tiga menteri, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Agama Fachrul Razi.

Pertemuan dilakukan di kediaman resmi Wapres di Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, pada Senin, 2 November 2020. Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengungkapkan isi pertemuan itu.

"Agenda yang dibicarakan itu dua hal penting. Yang pertama itu berbicara mengenai rencana Rakornas Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB)," kata Masduki lewat rekaman video.

Rakornas FKUB, lanjut Masduki, akan dilaksanakan secara virtual pada Selasa, 3 November 2020. Acara rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan juga dihadiri Wapres Ma’ruf Amin yang akan bertindak sebagai keynote speaker.

"Tadi dilaporkan mengenai persiapannya seperti apa dan seterusnya. Pembicaranya ada mendagri, menteri Agama, dan para tokoh lain," ujarnya.

Tema yang diangkat dalam Rakornas FKUB tersebut, menurut Masduki, adalah "Umat Rukun Indonesia Maju". Intinya, kata dia, mewujudkan kerukunan antar umat beragama yang kondusif di Indonesia.

Selain itu, Masduki menuturkan bahwa agenda kedua yang dibahas Wapres bersama menko PMK, mendagri, dan menteri Agama kali ini adalah mengenai wacana pembentukan FKUB untuk tingkat nasional.

"Yang kedua, agendanya adalah bagaimana agar FKUB itu, yang selama ini ada di daerah tingkat 1 provinsi dan tingkat 2 kabupaten/kota, ada gagasan bagaimana kalau itu ada semacam di pusat," kata Masduki.

Oleh sebab itu, kata dia, dalam pertemuan ini juga dibahas kemungkinan penguatan payung hukum FKUB misalnya melalui Peraturan Presiden. Namun, Masduki menegaskan bahwa hal ini masih berupa gagasan yang perlu dimatangkan oleh kementerian terkait.

"Maka itu juga didiskusikan dan tentu saja seperti apa persisnya. Karena ini belum final, maka nanti berikutnya akan dimatangkan terlebih dahulu baik oleh menko PMK, mendagri, dan menteri Agama. Setelah mereka berapat matang, lalu kemudian akan dilaporkan kembali kepada Bapak Wakil Presiden," tutur Masduki.***

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x