ASN Dilarang Nabung, Ridwan Kamil: Saya Perintahkan ASN Segera Belanja

Selama masa pandemi, banyak pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sehingga angka pengangguran meningkat.

Hal ini tentu membuat tingkat kesejahteraan menurun dan kondisi ekonomi menjadi semakin memburuk.

Menanggapi hal ini, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil justru melarang para aparatur sipil negara (ASN) menabung.

Sebaliknya, Ridwan Kamil menyuruh ASN untuk segera berbelanja di tengah masa pandemi Covid-19.

Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan alasan dibalik perintahnya tersebut bahwa uang yang dibelanjakan para PNS itu bisa menggerakkan ekonomi di masyarakat.

Hal itu perlu digiatkan merespons ekonomi yang terpukul karena pandemi covid-19.

"Saya perintahkan ASN segera belanja, jangan banyak ditabung dulu. Tugas pemerintah yang dananya lancar, menggunakan penghasilan sebanyak-banyaknya di daerah masing-masing," tutur Ridwan Kamil pada penganugerahan CNBC Indonesia Awards secara virtual, Jumat 23 Oktober 2020.

Sebagaimana diberitakan Galamedianews pada artikel "Ridwan Kamil Larang PNS Jabar Banyak Menabung: Saya Perintahkan ASN Segera Belanja!", menurutnya ada empat cara menyelamatkan ekonomi Indonesia dari krisis pandemi covid-19. Pertama, meningkatkan investasi, dan kedua, meningkatkan ekspor.

Disinggungnya, ia merasa bersyukur Jabar menorehkan prestasi di saat pandemi. Investasi di Jabar pada semester I mencapai Rp60 triliun, sedangkan ekspor mencapai Rp150 triliun.

Ridwan Kamil

Cara ketiga yakni, belanja pemerintah yang jor-joran untuk meningkatkan peredaran uang. Lalu meningkatkan daya beli masyarakat.

Jabar pun melakukan dua program besar untuk menggerakkan ekonomi di masyarakat.

"Untuk menengah ke bawah ada subsidi dan bansos tunai. Sehingga, terjadi pergerakan dana bansos dan menggerakkan ekonomi lokal. Menengah atas tidak belanja karena menabung, kita kampanyekan agar mereka spending," tandasnya.***

Posting Komentar