Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

KABAR PILKADA

Mensos Jelaskan Awal Mula Bansos Beras Bagi Penerima PKH

 Kabar Karawang
Minggu, 06 September 2020, 00.21 WIB Last Updated 2020-09-05T17:21:48Z

Kementerian Sosial (Kemensos) sudah memberikan sejumlah bantuan sosial (bansos) selama pandemi COVID-19 kepada masyarakat. Bantuan yang diberikan selain yang bersifat reguler juga ada yang non-reguler.

Bantuan itu diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat yang terus menurun. Terbaru, Kemensos sudah memberikan bantuan beras bagi para keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar dalam data program keluarga harapan (PKH).

Mensos Juliari Batubara mengatakan, ada 10 juta KPM yang akan menerima bantuan beras dengan periode 3 bulan dari Agustus, September dan Oktober.

Bansos

"Mengenai program bansos beras sifatnya temporer. Jumlah kuantitas dari beras yang disalurkan 450 ribu ton," kata Juliari dalam rapat bersama Komisi VIII DPR, Kamis (3/9).

Juliari menuturkan, awal mula program bantuan beras bagi PKM itu muncul karena stok beras medium milik Bulog cukup banyak. Sehingga dalam rapat kabinet dirumuskan agar penyerapan beras itu bisa disalurkan pada masyarakat.

"Jadi ini jujur saya sampaikan adalah sebenarnya program yang diputuskan 4 bulan lalu di rapat kabinet yang antara lain mengaitkan bagaimana mengeluarkan, mengurangi stok yang ada di Bulog dalam bentuk Program Bansos," ucap Juliari.

"Karena pada saat itu Perum Bulog menyampaikan kesulitannya pada pemerintah karena mereka harus melakukan penyerapan hasil panen petani dalam waktu dekat. Dalam kondisi gudang yang terlalu penuh mereka tak mungkin melakukan fungsi penyerapan dengan baik," tambahnya.

Maka dari itu, Presiden Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju membahas masalah ini secara bersama. Hingga pada akhirnya pemerintah memutuskan rancangan program bansos beras kepada penerima PKH.

"Sehingga itu kita putuskan kita desain Program Bansos. Kalau istilah presiden kita bagi-bagi saja beras ini ya pada KPM terdata. Jumlahnya kualitas kita diskusikan. Lahir lah program ini yang sifatnya temporer," kata Juliari.

"Maka lahirlah program ini hanya dalam waktu 3 bulan ini. Dan program BPNT dan pengadaan lokal bisa kami pastikan akan berjalan dengan normal ke depan berjalan saat ini," tutupnya.

Komentar

Tampilkan

  • Mensos Jelaskan Awal Mula Bansos Beras Bagi Penerima PKH
  • 0

Terkini