no fucking license
Bookmark

Kabar Gembira! Mendikbud Tegaskan Tak Akan Ada Sekolah yang Dana BOS-nya Turun, Nadiem: Tahun Depan Naik

Jakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan tidak akan menurunkan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di tahun depan.

Bahkan Menteri Nadiem memastikan sekolah-sekolah terpencil akan mendapat kenaikan dana BOS.

“Kabar gembira, tidak akan ada sekolah yang dana BOS-nya diturunkan. Sekolah-sekolah kecil dan sekolah di daerah tertinggal akan meningkat dana BOS-nya tahun depan," ucap Nadiem saat rapat dengar pendapat di DPR (23/9).

Untuk itu, jelas Nadiem, pihaknya saat ini tengah membuat perhitungan dana BOS dengan menggunakan dua variabel, yakni melalui indeks jumlah peserta didik serta yang kedua melalui konfigurasi indeks kemahalan konstruksi dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Pelajar baris

Atas dua indeks tersebut dipastikan dana BOS pada tahun depan tidak akan ada pengurangan dana.

Meski demikian, nantinya tidak semua sekolah serta merta mendapatkan tambahan dana BOS tersebut.

"Dana BOS diberikan hanya kepada sekolah yang ada di daerah, terutama daerah tertinggal, terdepan dan terluar atau 3 T," ujarnya.

Alasan kenaikan di daerah 3T, sebut Nadiem karena sejauh ini ada ketidakadilan terkait implementasi dilapangan berdasarkan sistem penghitungan dana BOS terdahulu, dimana hitungan dana didasarkan atas banyaknya peserta didik yang ada di sekolah.

“Sekolah-sekolah yang berada di daerah-daerah terluar dan tertinggal bisa dibilang dirugikan, karena murid mereka sedikit, sarana yang diberikan kualitasnya jadi rendah. Kebalikannya dengan sekolah yang memiliki jumlah murid yang besar," tandas Nadiem.

Perlu diketahui, Kemendikbud telah menganggarkan kenaikan dana BOS untuk sekolah yang berada di daerah 3T total nya mencapai Rp 2,5 triliun untuk tahun depan.***

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x