Kabar Baik Bagi Honorer saat Pandemi, Pemerintah Kaji Bansos Tak Tersentuh BPJS dan Kartu Prakerja

Pemerintah sedang asyik menggarap kajian bantuan sosial (bansos) untuk kelompok-kelompok masyarakat selama 6 bulan terakhir, meski sejauh ini belum ada bansos yang tertuju untuk tenaga honorer.
Namun begitu, baru-baru ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan kabar baik bagi seluruh tenaga honorer yang sudah berjuang sendiri dalam pandemi.
Secara gamblang, Airlangga membocorkan pemerintah sedang mengkaji skema terbaik agar seluruh tenaga honorer mendapatkan bantuan sosial di tengah pandemi Covid-19.
“Bapak Presiden meminta untuk dilakukan pendalaman, terkait untuk tenaga honorer, nah ini pemerintah akan lakukan kajian dimana tenaga honorer pun akan diberikan bantuan,” ungkap Airlangga Hartarto, setelah Rapat Terbatas “Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional“ yang terjadi melalui Video Conference di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 14 September 2020.
Adapun sampai sejauh ini, tercatat hanya sebagian kecil tenaga honorer yang sudah mendapatkan bantuan melalui data yang ada di BPJS Ketenagakerjaan.
Bansos

Maka selanjutnya, pemerintah akan mengarahkan bagi seluruh tenaga honorer untuk mendapatkan bantuan tersebut.
“Namun ini akan kami siapkan apakah itu program ataupun detailnya,” jelas Airlangga, seperti dikutip dari Antara News.
Sedangkan sampai sejauh ini, justru banyak laporan yang masuk bahwa tenaga honorer termasuk segmen masyarakat yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah.
Atas sebab itu, Presiden meminta agar sejumlah program seperti kartu prakerja dibahas kembali dengan Kementerian Keuangan untuk melihat potensi-potensi yang ada.
“Karena banyaknya tenaga informal yang terdampak dan kartu prakerja sendiri hari ini sudah 3,8 juta per-September 5,6 juta yang tercapai,” tutup Airlangga.***