Ini Pesan Gubernur Untuk Pjs di 7 Kabupaten / Kota di Jabar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil mengukuhkan tujuh penjabat sementara atau Pjs Bupati dan Wali Kota selama helatan Pilkada 2020 mendatang. Tujuh penjabat sementara itu akan mulai bekerja mulai tanggal 26 September hingga 5 Desember.

Ridwan Kamil

Dalam kata sambutannya, Ridwan Kamil menitipkan empat pesan pada penjabat yang dikukuhkan. Pesan pertama yakni agar mereka menjaga kondusifitas di wilayahnya jelang pelaksanaan Pilkada. Dia meminta mereka agar segera berkoordinasi dan bersilaturahmi pada berbagai unsur masyarakat seperti tokoh masyarakat dan agama.

Pesan selanjutnya, menurut Ridwan Kamil, tujuh penjabat sementara adi Jabar diminta agar menjaga netralitas Aparatur Sipil Negeri atau ASN di wilayahnya. Jangan sampai ditemukan pemihakan kepada pasangan calon tertentu yang melanggar ketentuan.

"Kedua, saya tugaskan untuk selalu menjaga netralitas dari ASN, itu harga mati, tidak boleh ada gerakan yang kecil sampai skala yang besar terkait pemihakan yang melanggar prosedur aturan," kata Ridwan Kamil di Gedung Sport Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (25/9).

"Dan Jabar terkenal tidak pernah ada masalah, tidak ada peluru lepas, tidak ada darah tumpah dan kaca pecah. Di sini ada dari Kodam dan Polda, semua ini bersepakat untuk mengkomunikasikan dan ketegasan," lanjut dia.

Kemudian, pesan ketiga adalah terkait penganggaran APBD 2021. Diharapkan, mereka lebih intens menjalin koordinasi dengan provinsi apalagi menjelang akhir tahun. Pesan terakhir, Emil meminta agar mereka berupaya untuk mengendalikan angka kasus pandemi di wilayahnya masing-masing.

"Terakhir kami tugaskan untuk mengendalikan pandemi Covid secara maksimal karena pelaksanaan Pilkada menjadi sorotan di seluruh Indonesia," tutur dia.

"Jangan sampai terdengar di Jabar ada pelanggaran dan kerumunan yang akhirnya menjadi klaster Covid di Pilkada, itu sangat saya tekankan," pungkas dia.

Berikut ini nama penjabat sementara yang dikukuhkan:

1. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat Yerry Yanuar sebagai Plt Bupati Karawang;

2. Kepala Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat Hening Widiatmoko sebagai Plt Bupati Tasikmalaya;

3. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Dani Ramdan sebagai Plt Bupati Pangandaran;

4. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bambang Tirtoyuliono sebagai Plt Bupati Indramayu;

5. Asisten Daerah III Bidang Administrasi Setda Jabar Dudi Sudrajat sebagai Plt Bupati Cianjur;

6. Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi sebagai Plt Wali kota Depok;

7. Kabiro Hukum Sekjen Kemendagri R Gani Muhammad sebagai Plt Wali kota Sukabumi;**#

Posting Komentar