Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

KABAR PILKADA

Di Jabar Bakal Ada Metropolitan Baru

 Kabar Karawang
Selasa, 22 September 2020, 20.26 WIB Last Updated 2020-09-22T13:26:29Z

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempersentasikan konsep kota metropolitan baru di kawasan Cirebon, Patimban, Majalengka (Rebana).

Hal itu ia sampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (22/9/2020).

"Saya sampaikan kepada Pak Presiden bahwa Patimban ini ada di kawasan Segitiga Rebana dimana Patimban adalah pintu gerbangnya. Akan lahir 10-11 kota baru lengkap ada tempat kerja, tempat tinggal, rekreasi, sekolah dan sarana ibadah," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Nantinya, kata Emil, di Patimban akan dibuat kota kecil dengan populasi sekitar satu juta penduduk sebelum masuk ke area pelabuhan.

Kota baru pertama di wilayah Rebana rencananya akan dimulai pada November ini.

"Kemudian bulan November juga akan dimulai groundbreakinh kota baru pertama, Surya Cipta Rebana di KM 89 kemudian dilanjutkan dengan kota baru industri halal di kawasan RNI. Tiga kota baru di kawasan metropolitan rebana ini alhamdulilah sudah siap sehingga super koridor Pulau Jawa Utara ini primadonanya ada di kawasan Rebana," papar Emil.

Dalam rapat itu, ia juga turut melaporkan perkembangan pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang.

Ia menyampaikan, aktivitas ekspor impor barang otomotif bisa segera dilakukan.

"Alhamdulilah bulan November atau Desember paling akhir Pelabuhan Patimban sudah bisa diresmikan tahap pertamanya sehingga ekspor dan impor khususnya di bidang otomotif sudah bisa dilakukan," kata dia.

Presiden, kata Emil, juga meminta Pemprov Jabar untuk segera memfasilitasi rencana pembuatan akses tol menuju Pelabuhan Patimban.

Kota Metropolitan

"Presiden mengarahkan agar secepatnya menyelesaikan akses dari jalan tol Cipali disodet masuk ke Patimban sekitar 30 km. Karena itu setelah bulan November kita akan mengebut pembangunan jalan tol dimana tugas Prmprov Jabar akan memudahkan pembebasan lahan," jelasnya.***

Komentar

Tampilkan

  • Di Jabar Bakal Ada Metropolitan Baru
  • 0

Terkini