Waspada !! Banyak WhatsApp Dibajak dan Ini Solusinya

Hacker mempunyai banyak cara untuk masuk ke akun WhatsApp pengguna. Supaya tidak menjadi incaran para aktor jahat, Anda perlu benar-benar menjaga akun WhatsApp dan memastikan informasi sensitif tidakBanyak WhatsApp Dibajak dibagikan ke orang lain.

Belakangan ini ada aktor jahat yang menggunakan WhatsApp orang lain untuk mengambil keuntungan. Pada dasarnya, WhatsApp sudah dilengkapi fitur-fitur keamanan. Namun, kemungkinan tidak banyak yang sadar akan keberadaan fitur-fitur tersebut.

WhatsApp memang dilengkapi enkripsi end-to-end, tapi agar lebih aman, WhatsApp menyediakan fitur keamanan tambahan untuk menjaga privasi penggunanya dan menjaga akun tetap aman. Berikut ini cara untuk menjaga akun tetap aman.

Verifikasi Dua Langkah

Cara menjaga akun WhatsApp tetap aman yakni dengan Verifikasi Dua Langkah. Fitur ini memberikan keamanan tambahan yang mengharuskan Anda memasukkan PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp.

Fitur ini dapat membantu mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp apabila kartu SIM dicuri atau nomor rusak. Mengatur fitur Verifikasi Dua Langkah sangat mudah. Anda bisa menemukannya di dalam tab Akun yang ada pada pengaturan WhatsApp.

Untuk mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah, buka aplikasi WhatsApp di iPhone atau perangkat Android Anda. Buka Pengaturan> Akun> Verifikasi Dua Langkah, lalu ketuk "Aktifkan."

Kunci WhatsApp dengan Touch ID atau FaceID

Lapisan keamanan tambahan juga diberikan oleh WhatsApp. WhatsApp telah menawarkan penggunanya lapisan keamanan tambahan terhadap akunnya melalui Touch ID dan FaceID untuk iPhone. Di Android, Anda bisa memberikan lapisan keamanan tambahan dengan sidik jari.

Untuk mengaktifkannya, bagi pemilik Android coba buka WhatsApp dan ketuk tombol Menu. Selanjutnya, buka Pengaturan> Akun> Privasi. Gulir ke bagian bawah daftar, lalu ketuk “Kunci Sidik Jari.” Toggle-On pada opsi "Kunci Sidik Jari". Kemudian, sentuh sensor sidik jari pada perangkat Anda untuk mengonfirmasi sidik jari Anda. Anda juga dapat memilih jumlah waktu sebelum otentikasi diperlukan.

Di iPhone, Anda dapat menggunakan Touch ID atau Face ID, tergantung pada perangkat Anda untuk melindungi WhatsApp. Untuk mengaktifkannya, buka WhatsApp dan buka Pengaturan> Akun> Privasi> Kunci Layar. Di sini, aktifkan opsi “Membutuhkan Face ID” atau “Membutuhkan Touch ID”.

Perbarui Aplikasi Secara Teratur

WhatsApp senantiasa bekerja untuk meningkatkan kualitas layanan untuk para pengguna. Oleh karena itu banyak pembaruan yang melibatkan fitur keamanan baru lebih baik. Guna memastikan standar keamanan Anda selalu terjaga, pastikan WhatsApp diperbarui ke dalam versi terkini yang telah tersedia.
Awas.... ! WhatsApp Anda Dibajak

Jika smartphone tidak mempunyai opsi pengaturan pembaruan aplikasi secara otomatis, maka Anda harus melakukannya secara manual. Caranya, kunjungi toko aplikasi seperti Play Store dan App Store pada smartphone lalu cari kata WhatsApp dan klik Perbarui. Sebagai tambahan, pastikan juga sistem operasi Anda selalu diperbarui untuk mendapatkan perlindungan keamanan terbaru dari Apple atau Google.

Jangan Berikan Kode Verifikasi ke Orang Lain

Supaya WhatsApp Anda tetap aman, alangkah baiknya tidak memberikan kode verifikasi ke orang lain. Karena jika kode verifikasi diberikan ke orang lain, pelaku kejahatan bisa mendapatkan akses ke akun Anda secara penuh.***
Posting Komentar