no fucking license
Bookmark

Kemenkeu Catat 12 juta Rekening Pekerja Sudah Terima BLT

Pemerintah mencatat ada 12 juta data dari 15,5 juta pekerja bergaji di bawah Rp5 juta yang menjadi calon penerima bantuan langsung tunai (BLT). Jumlah calon penerima ini sudah terverifikasi dan nomor rekening pribadi mereka terdata.
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, 3 juta pekerja dari di jumlah penerima umumnya berasal dari sektor informal.
"Kalau saat ini ada 12 juta yang sudah daftar yang mana peserta sudah secara mandiri memang melapor ke BPJS Ketenagakerjaan nomor rekeningnya. Karena kalau dia lapor nomor rekeningnya uang Rp2,4 juta itu bisa ditransfer. Nah 3 juta sisanya, sampai dengan saat ini masih menunggu," kata Febrio dalam diskusi virtual, Rabu (19/8/2020).
Dia menuturkan, pemberian BLT ini berasal dari realokasi anggaran di setiap Kementerian dan Lembaga (K/L). Gaji tambahan ini diberikan ke pekerja non-PNS dan non-BUMN yang pendapatannya di bawah Rp 5 juta per bulan.
"Subsidi gaji selama empat bulan ini dibagikan sebagai bantuan sosial akibat pandemi Covid-19," tuturnya.
Dia menyatakan, realokasi anggaran ini juga sesuai dengan tujuan pemberian pajak penghasilan (PPh) 21 untuk karyawan.
Bansos

"Jadinya sangat matching karena tadinya buat PPh 21 tapi untuk karyawan harusnya berbentuk cash tapi ada kendala masalah administrasi dan teknis sehingga sekarang lebih masuk akal buat subsidi gaji melalui data BPJS Ketenagakerjaan dan datanya lebih bagus," tuturnya.***
Close x