no fucking license
Bookmark

Kabar Baik : Bansos PKH dan BPNT Rp500.000 Cair Tunai

Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan program bantuan reguler Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp36,99 Triliun dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp43,6 Triliun semenjak April 2020 lalu.

“Bantuan sosial reguler yang terdiri dari PKH dan BPNT mengalami perubahan sekma penyaluran selama masa pandemi. Semula penyaluran PKH per 3 bulan menjadi per 1 bulan dengan target 10 Juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” ujar OHH Ditjen Rehsos melalui situs resminya

Menteri Sosial Juliari P. Batubara pada Senin, 31 Agustus 2020 telah meluncurkan bantuan sosial tunai sebesar Rp500 ribu bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang tidak termasuk dalam KPM Program Keluarga Harapan (PKH).

dompet

"Bantuan ini untuk ibu bapak KPM yang kami harap bisa meringankan beban semuanya, karena dampak pandemi COVID-19 ini tentu tidak mudah. Mudah-mudahan bisa bermanfaat," kata Juliari P. Batubara yang dikutip Kabarkarawang.com dari Antara pada 31 Agustus 2020.

Peluncuran bansos secara simbolis tersebut dilaksanakan di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Kalibata dihadiri perwakilan Bank Himpunan Negara (Himbara). Pada kesempatan itu, Juliari P. Batubara juga berdialog online dengan para penerima bansos dari sejumlah daerah.

Juliari P. Batubara menyatakan bahwa peluncuran bansos tunai tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

"Pesan saya, uang ini dimanfaatkan untuk keperluan yang prioritas bukan dibelikan rokok atau keperluan lain yang tidak primer," ujar Juliari.

Terhitung sejak April lalu, Kemensos memperluas jangkauan bansos BPNT dari 15,2 juta KPM menjadi 20 juta KPM dan jumlah bantuan bertambah dari Rp150 ribu menjadi Rp200 ribu per bulan.

KPM BPNT yang tidak menerima PKH mendapatkan satu kali bansos tunai tambahan sebesar Rp500 ribu berjumlah sembilan juta. Bansos tersebut dapat dicairkan melalui mesin ATM Himbara.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos, Asep Sasa Purnama, mengatakan untuk bansos tunai KPM BPNT non PKH tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp4,5 triliun.

"Bansos tunai ini mudah-mudahan bisa membantu dan dimanfaatkan dengan baik, bisa dibelikan apapun kebutuhan yang mendesak," katanya.***

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x