no fucking license
Bookmark

Ini 3 Nama Tokoh Miliki Elektabilitas Tertinggi Terkait Pilpres 2024 Versi Survei Indikator

Lembaga survei Indikator Politik mensurvei terkait tingkat elektabilitas sejumlah nama tokoh terkait pilihan calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Nama Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan terus menempati posisi lebih tinggi di antara nama-nama tokoh nasional dalam pilihan calon presiden pada Pilpres 2024.

Data tersebut terlihat dari hasil pengukuran survei Indikator pada Juli 2020 lalu.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhandin Muhtadi mengatakan, survei tersebut mengacu pada sejumlah kriteria yang digunakan dalam menilai kepantasan seseorang dalam memimpin negara.

“Salah satu kriteria yang digunakan adalah karakter personal sang calon, terdiri dari sejumlah dimensi utama, yaitu kompetensi, integritas, dan akseptabilitas,” ujar Burhanudin dalam siaran persnya, Jumat (21/8/2020).

Sedangkan pada aspek akseptabilitas, Ridwan Kamil tercatat memperoleh skor lebih tinggi (7.2) disusul oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang keduanya memperoleh nilai 7.1.

“Lagi-lagi, selisih di antara mereka sangat kecil. Posisi keempat diduduki oleh Sandiaga Salahuddin Uno dengan skor 6.9,” paparnya.

Dari sisi aspek integritas, Ridwan Kamil dan Anies Baswedan sama-sama mendapat skor 7,2, Mahfud MD mendapat skor 7,1, Ganjar Pranowo dengan skor 7,0, kemudian Khofifah Indar Parawansa dan Erick Thohir mendapat skor 6,8.

Untuk aspek kompetensi, Anies Baswedan mendapat skor 7,3, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo mendapat skor 7,2, Mahfud MD mendapat skor 6,9, Prabowo Subianto dengan skor 6,8, Salahudin Uno 6,7, dan Erick Thohir mendapat skor 6,6.

“Secara total, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sama-sama berada di posisi teratas dengan nilai 7.2. Diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan skor 7.1, kemudian Mahfud MD dengan nilai 6.9 dan Sandiaga Salahuddin Uno dengan nilai 6.8,” terangnya.

Burhanudin menilai, dari semua aspek kepemimpinan terkait penanganan Covid-19, hasil survei menyebut bahwa kemampuan pemimpin pemerintahan daerah cenderung mendapat penilaian lebih positif ketimbang pemerintah pusat.

“Mereka dipandang lebih peka terhadap krisis, lebih responsif, berani mengalokasikan sumberdaya, mampu berkomunikasi dengan masyarakat, dan mampu berkordinasi dengan seluruh aparat,” ujarnya.

Indikator Politik mencatat Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil semuanya unggul di kalangan usia <= 40 tahun. Pemilih Anies Baswedan terutama datang dari kalangan LSM/Ormas, akademisi, dan media massa.

“Ganjar Pranowo dari pengusaha dan media massa, sementara Ridwan Kamil utamanya didukung media massa dan akademisi. Berdasarkan proporsi pemilih, Anies Baswedan memiliki basis kuat di kalangan LSM/Ormas, Ganjar Pranowo kalangan pengusaha, dan Ridwan Kamil media massa,” ujarnya.

Sementara, untuk sebaran pemilih ketiga Gubernur ini mirip dengan perolehan nilai kepemimpinan. Suara Anies Baswedan banyak datang Sumatera, Banten, dan Jawa Barat. Ganjar Pranowo dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY. Sedangkan, Ridwan Kamil dari Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta,dicukil dari Lensa Indonesia.

“Secara total, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sama-sama berada di posisi teratas dengan nilai 7.2. Diikuti oleh Ganjar Pranowo (7.1), Mahfud MD (6.9) dan Sandiaga Salahuddin Uno (6.8),” terang Burhanudin.

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x