Hadi Pranoto: Saya Memang Bukan Dokter

Hadi Pranoto mendadak menggema di jagat maya. Hadi yang mengaku profesor itu mengklaim memiliki ramuan herbal penyembuh pasien yang terjangkit virus corona.
Hadi Pranoto

Banyak pihak yang meragukan obat herbal ramuan Hadi Pranoto. Saah satunya adalah Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
Jubir IDI dr Erlina Burhan bahkan meminta aparat bertindak karena Hadi dianggap meresahkan. Menanggapi hal itu, Hadi menjawabnya dengan santai.
"Untuk masalah IDI saya memang bukan dokter, databasenya IDI pasti tidak ada. Karena saya bukan dokter, tidak ada keterikatan saya dengan IDI. Saya adalah tim riset yang melakukan penelitian untuk emergency kemanusiaan COVID-19 ini," kata Hadi, di Bogor Senin (3/8).
Hadi mengatakan ramuan herbalnya sudah diteliti sejak tahun 2000. Menurut dia, yang meneliti adalah sekelompok komunitas kecil yang dia masih merahasiakan siapa saja tim risetnya.
Lebih lanjut Hadi juga mengatakan sebelumnya sudah komunikasi dengan IDI soal ramuan herbalnya itu. Namun, tulis Kumparan, dengan alasan birokrasi, sehingga obrolan lebih lanjut dengan IDI tak terlaksana.
"Kalau masalah lisensi dari IDI kita sebenarnya sudah komunikasi berusaha menyampaikan kepada lembaga terkait. Tetapi teman-teman bisa merasakan, setiap masyarakat yang datang ke lembaga tinggi itu kan selalu ditanya bapak sudah ada janji atau belum," ujar dia.
"Kalau belum akan dikasih waktu nanti dihubungi. Baik kita menunggu seharusnya ini dengan adanya temuan masyarakat seperti ini yang peduli dengan nyawa saudara-saudara kita, mereka yang sudah diberikan fasilitas oleh negara,mereka jemput bola , Jangan mereka menunggu bola. Mereka seperti raja menunggu rakyatnya melapor," lanjut Hadi.***
Posting Komentar