Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

KABAR PILKADA

Anda Sulit Tidur , Ini Ada Cara Ampuh Agar Cepat Pulas

 Kabar Karawang
Senin, 17 Agustus 2020, 02.49 WIB Last Updated 2020-08-16T19:49:06Z

Sebagian besar masalah tidur terkait dengan pilihan gaya hidup, seperti menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam ruangan selama jam-jam siang atau penggunaan gawai yang berlebihan serta paparan kronis ke medan elektromagnetik.

Foto : Orang Tidur

Mungkin Anda telah mencoba menggunakan ragam metode untuk lebih mudah terlelap di malam hari. Namun, apabila tak satu pun berhasil, mungkin solusi yang satu ini bisa dicoba.

Sebuah metode yang dikembangkan oleh militer Amerika Serikat mengklaim dapat memecahkan solusi kesulitan tidur. Metode tersebut memiliki tingkat keberhasilan hampir sempurna setelah enam minggu pelaksanaan.

Informasi tersebut berasal dari sebuah buku tahun 1981 berjudul Relax and Win: Championship Performance, dengan kisah yang dituturkan kembali oleh penulis Sharon Ackman di Medium.

Dalam buku, pembaca diberi tahu cara bersantai dan juga bagaimana tertidur dalam waktu dua menit, sesuatu yang tampaknya dilakukan oleh militer AS.

"Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut AS mengembangkan metode ilmiah untuk tidur siang atau malam, dalam kondisi apa pun, dalam waktu kurang dari dua menit," tulis Ackman. “Setelah enam minggu latihan, 96 persen pilot bisa tertidur dalam dua menit atau kurang. Bahkan setelah minum kopi, dengan suara senapan mesin dimainkan di latar belakang."

Metode militer mempersiapkan tubuh untuk tidur berpusat pada persiapan pikiran dan tubuh untuk tidur dengan sangat rileks selama sekitar dua menit. Semua peserta dalam studi di Angkatan Laut duduk selama pengujian, tetapi Anda dapat mencoba metode ini di tempat tidur atau di sofa.

Pertama-tama relaksasikan seluruh wajah, termasuk lidah, rahang, dan otot-otot di sekitar mata. Jatuhkan bahu dan rilekskan lengan. Santaikan dada saat bernapas, juga relaksasikan kaki, dari paha hingga kaki. Kemudian, santai dan jernihkan pikiran. Lalu, bayangkan diri Anda dalam salah satu skenario berikut:

Berbaring di sampan di danau yang tenang dengan langit biru di atas Anda, atau berbaring di tempat tidur gantung beludru hitam di ruangan yang sangat gelap.

Selanjutnya, begitu Anda santai, ulangi kalimat, "Jangan berpikir, jangan berpikir, jangan berpikir", selama 10 detik di dalam hati, hingga pergi ke dunia mimpi.

Ackman mengatakan bahwa teknik di atas sangat berguna bagi orang-orang di militer yang berada dalam skenario berbahaya, atau bagi mereka yang menghadapi teror perang.

Novelis Michael Grothaus mencoba metode untuk tidur cepat itu untuk Fast Company. Dia menulis bahwa perlu waktu sekitar satu minggu sebelum dirinya melihat penurunan jumlah waktu yang dihabiskan untuk menunggu tertidur.

Menurut penelitian terbaru lainnya, tidur malam antara enam hingga sembilan jam dapat membantu mengimbangi kondisi jantung.

Sejumlah penelitian lain juga menunjukkan efek buruk dari kurang tidur pada tubuh. Kurang tidur bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, kenaikan berat badan hingga peningkatan risiko kanker, dan banyak lagi.

Baru-baru ini, para peneliti mengonfirmasi bahwa kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan jantung jangka panjang.

Seperti dilansir dari Medical Xpress, laki-laki paruh baya yang tidur lima jam atau kurang per malam memiliki risiko dua kali lipat mengalami peristiwa kardiovaskular utama selama dua dekade berikutnya, daripada laki-laki yang tidur tujuh hingga delapan jam.

Penulis penelitian Moa Bengtsson, dari University of Gothenburg, Swedia, mengatakan, "Bagi orang-orang dengan kehidupan yang sibuk, tidur mungkin terasa seperti buang-buang waktu. Tetapi penelitian kami menunjukkan bahwa tidur pendek dapat dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular di masa depan. Dalam penelitian kami, besarnya peningkatan risiko kardiovaskular terkait dengan kurang tidur sama dengan merokok atau memiliki diabetes pada usia 50an."

Laki-laki yang mendapat hanya lima jam atau kurang per malam juga lebih cenderung merokok, tidak aktif dan kelebihan berat badan, memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes.

Untuk kinerja terbaik tubuh dan jika berbicara perihal pemulihan dari aktivitas fisik yang berat, tidak ada perawatan yang lebih baik daripada tidur, dan dalam jumlah banyak.

Komentar

Tampilkan

  • Anda Sulit Tidur , Ini Ada Cara Ampuh Agar Cepat Pulas
  • 0

Terkini