118 Juta Orang Miskin Sudah Dapat BLT Rp72 Triliun

Sebanyak 118 juta orang termiskin di Indonesia telah mendapatkan bantuan tunai dari pemerintah. Adapun jumlah anggaran dalam pemberian itu nilainya mencapai Rp 72 triliun.
Uang

“118 juta orang dari 250 juta yang sudah diberi uang tunai langsung sebesar Rp72 triliun,” kata Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin dalam diskusi virtual, Jakarta, Sabtu (15/8/2020).
Dia mengaku, sedang mendorong program-program yang memiliki pagu anggaran tinggi dalam alokasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) agar serapannya semakin besar. Di antaranya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditetapkan pagu anggarannya sebesar Rp 37,4 triliun dan kini sudah dicairkan sebesar Rp 27 triliun.
“PKH ini ditujukan bagi 10 juta keluarga termiskin Indonesia, atau bisa diartikan dengan 40 juta penduduk termiskin di Indonesia yang merupakan 20% dari penduduk. Bantuan diberikan dalam bentuk dana tunai sebesar Rp800 ribu hingga Rp1,2 juta per bulan,” ujarnya.
Dia menambahkan pagu anggaran untuk pembagian sembako melalui Kartu Sembako yang penerimanya merupakan 20 juta keluarga termiskin atau bisa diartikan dengan 80 juta penduduk termiskin. Dari penetapan pagu sebesar Rp 43,6 triliun , kini hingga awal Agustus telah dicairkan sebesar Rp26 triliun.
“20 juta penduduk yang menerima bantuan Keluarga Harapan? Ya bisa masuk. Mereka termasuk dalam keluarga termiskin di Indonesia, jadi tak ada salahnya jika mereka mendapatkan dua kali bantuan,” ujarnya.***
Posting Komentar