Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

KABAR PILKADA

Pemerintah Segera Luncurkan Program Penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM

 Kabar Karawang
Minggu, 05 Juli 2020, 06.34 WIB Last Updated 2020-07-04T23:34:38Z

Pemerintah bakal merilis program penjaminan kredit modal kerja untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Senin (06/07/2020). Penjaminan modal kerja ini akan membuat bank merasa lebih aman dalam menyalurkan kredit di tengah pandemi virus corona.

“Pemerintah siapkan penjaminan kredit modal kerja ini, sedang difinalisasi mudah-mudahan Senin sudah rilis,” ungkap Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu.

Febrio mengatakan pemerintah akan menggandeng PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) dan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) sebagai pihak yang akan menjamin penyaluran kredit perbankan ke pelaku UMKM. Ia bilang pemerintah bakal menyelesaikan kontrak dengan kedua perusahaan itu pada akhir pekan ini.

“Akhir pekan ini pegawai Kementerian Keuangan menyelesaikan segala kontraknya dengan Jamkrindo, Askrindo, dan sebagainya,” kata Febrio.

Ia bilang program penjaminan kredit ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapatkan penempatan dana dari pemerintah sebesar Rp30 triliun. Pasalnya, banyak perusahaan bank yang melakukan seleksi ketat dalam penyaluran kredit demi menekan gagal bayar di tengah pandemi virus corona.

“Kredit modal kerja ini kan janjinya Rp30 triliun dikalikan tiga dileverage jadi Rp90 triliun. Makanya mereka akan sangat menunggu rilis program penjaminan ini,” jelas Febrio. (*)

Komentar

Tampilkan

  • Pemerintah Segera Luncurkan Program Penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM
  • 0

Terkini