Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

KABAR PILKADA

Mendadak Viral! Sajadah Jadul Ternyata Ada Gambar Hagia Sophia, Ramai Netizen Unggah Foto Sajadahnya

 Kabar Karawang
Rabu, 22 Juli 2020, 00.23 WIB Last Updated 2020-07-21T17:23:17Z

Waganet dikejutkan dengan viralnya sajadah jadul yang disebut ternyata ada gambar Hagia Sophia/ Aya Sophia.

Banyak yang terkejut karena tidak menyadari jika selama ini gambar sajadah yang berada di samping gambar Masjidil Haram itu adalah Hagia Sophia. Semula mereka menyangka itu adalah gambar masjid Nabawi di Madinah.

Seiring ramainya berita Hagia Sophia dikembalikan fungsinya sebagai Masjid oleh pemerintah Turki, otomatis gambar bangunan bersejarah dua agama kaum nasrani dan kaum muslim itu juga semakin akrab dimata netizen.

Seperti cuitan yang diunggah di Twitter oleh akun @AzzamIzzulhaq :

“Masihkah kita ingat dengan sajadah dengan desain seperti ini? Sajadah ini populer pada zaman dulu sekitar tahun 1940-1990an (entah sekarang apakah masih ada atau tidak) Sadarkah kita bahwa gambar masjid di sebelah Masjidil Haram itu adalah Aya Sofya (Hagia Sophia)?” cuitnya

“Upaya agar Aya Sofya diingat oleh umat Islam sebagai Masjid dilakukan dengan berbagai macam cara sejak lama. Termasuk dengan 'mind engineering' melalui desain pesan secara tersembunyi.

Itulah kenapa, pada saatnya Aya Sofya menjadi Masjid kembali, kita merasa 'tak asing lagi,” pungkas Azam.

Cuitan azam ini langsung dibanjir komentar netizen dan banyak yang mengirim sajadah jadul miliknya.

“Oalah pantesan di kepala saya,arsitektur Hagia Sophia tidak asing. Padahal,belum pernah kesana baru ngeh ini jawabannya.hehe jadi inget jaman kakek dan nenek masih lengkap” balas [email protected]

"Dulu waktu ngaji cerita – cerita sajadah ini. Yang kiri itu Masjidil Haram di Makkah, nah yang kiri pastinya masjid di Madinah. Oh ternyata..Aya Sofya," [email protected]_ekawati.

Sebelumnya diberitakan Pengadilan Turki telah membatalkan keputusan kebijakan Mustafa Kemal Ataturk pada tahun1934 yang megubah fungsi Hagia Sophia menjadi museum.

Tak lama setelah itu Presiden Erdogan langsung mengumumkan bangunan berusia 1500 tahun itu sebagai Masjid dan Ibadah pertama akan diselenggarakan pada 24 Juli 2020.

Hagia Sophia selama ini dikenal sebagai bangunan bersejarah bagi Kekaisaran Kristiani Bizantium selama 900 tahun dan Kesultanan Muslim Ottoman selama 500 tahun.

Saat Kekaisaran Bizantium berkuasa di Istanbul bangunan itu merupakan katedral ortodoks Yunani, dan Kesultanan Ottoman mengubah Hagia Sophia menjadi Masjid.

Selain itu Hagia Sophia merupakan situs warisan Dunia sebagaimana ditetapkan oleh UNESCO.

Keputusan itu sendiri mendapat kecaman banyak komunitas internasional, termasuk Paus Fransiskus yang dikabarkan sempat merasa tertekan memikirkan hal itu.***

Komentar

Tampilkan

  • Mendadak Viral! Sajadah Jadul Ternyata Ada Gambar Hagia Sophia, Ramai Netizen Unggah Foto Sajadahnya
  • 0

Terkini